PROSEDUR DAN MEKANISME PEMINJAMAN ALAT

Fakultas Perikanan Universitas Pekalongan menyediakan alat-alat yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan praktikum maupun penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Berikut adalah prosedur peminjaman alat yang disediakan oleh Fakultas Perikanan Universitas Pekalongan.

Prosedur Peminjaman Alat Fakultas Perikanan

Prosedur peminjaman ruang dan alat Laboratorium di Laboratorium Perairan adalah sebagai berikut :

Untuk Keperluan Penelitian

  1. Bagi penguna yang merupakan : (a) Mahasiswa Budidaya Perairan, melakukan pengisian permohonan dan mengkonfirmasi pengisian permohonan kepada petugas, dan (b) Dosen / civitas akademika Universitas Pekalongan, melakukan pengisian permohonan dan mengkonfirmasi pengisian permohonan kepada petugas.
  2. Laboran menerima konfirmasi dari pengguna dan melakukan pengecekan / validasi permohonan peminjaman alat dan ketersediaan alat yang akan dipinjam.
  3. Jika permohonan tidak valid (ada kekurangan syarat), maka Petugas akan mengkonfirmasi ke pengguna untuk melengkapi persyaratan dan mengisi ulang permohonan peminjaman. Jika alat sedang digunakan untuk kepentingan lain, maka petugas akan mengkonfirmasi ke pengguna untuk diganti waktu peminjamannya atau peminjaman dibatalkan. Jika alat sedang tidak digunakan / tersedia, maka permohonan akan diteruskan ke Dekan Fakultas Perikanan, Wakil Dekan I atau Wakil Dekan III untuk mengeluarkan izin peminjaman.
  4. Menyerahkan surat izin peminjaman ruang / alat yang sudah di tandatangai oleh Dekan Fakultas, Wakil Dekan I atau Wakil Dekan III kepada Petugas.
  5. Pengguna meninggalkan kartu identitas (KTM/SIM/KTP yang masih berlaku), Nomor yang bisa dihubungi dari pengguna dan penanggung jawab kegiatan, sesuai dengan ketentuan.
  6. Petugas mengambil alat Fakultas Perikanan yang akan dipinjam oleh pengguna/mahasiswa.
  7. Pengguna / mahasiswa dan Petugas mengecek kondisi alat Laboratorium yang akan dipinjam.
  8. Pengguna/mahasiswa mendapatkan alat Laboratorium sesuai dengan apa yang dipinjam dengan syarat pengembalian alat Laboratorium harus sesuai dengan kondisi awal alat saat dipinjamkan.

Untuk Keperluan Praktikum

  1. Mahasiswa atau Asisten Praktikum melakukan pengisian permohonan Peminjaman alat, kemudian melakukan konfirmasi ke petugas.
  2. Petugas menerima konfirmasi dari pengguna dan melakukan pengecekan / validasi permohonan peminjaman alat dan ketersediaan alat yang akan dipinjam.
  3. Jika permohonan tidak valid (ada kekurangan syarat), maka Petugas akan mengkonfirmasi ke pengguna untuk melengkapi persyaratan dan mengisi ulang permohonan peminjaman. Jika alat sedang digunakan untuk kepentingan lain, maka petugas akan mengkonfirmasi ke pengguna untuk diganti waktu peminjamannya atau peminjaman dibatalkan. Jika alat sedang tidak digunakan / tersedia, maka permohonan akan dipinjamkan.
  4. Menyerahkan surat izin peminjaman alat yang sudah di tandatangai oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah kepada Petugas.
  5. Petugas mengambil alat Fakultas Perikanan yang akan dipinjam oleh pengguna/mahasiswa.
  6. Pengguna / mahasiswa dan Laboran mengecek kondisi alat Laboratorium yang akan dipinjam.
  7. Pengguna mengisi surat pernyataan penggunaan alat Fakultas Perikanan.
  8. Pengguna/mahasiswa mendapatkan alat Fakultas Perikanan sesuai dengan apa yang dipinjam dengan syarat pengembalian alat Laboratorium harus sesuai dengan kondisi awal alat saat dipinjamkan.

Prosedur Pengembalian Alat Fakultas Perikanan

  1. Pengguna / Mahasiswa yang meminjam alat sebelumnya mengemablikan kepada petugas sesuai dengan jam kerja petugas dan jadwal yang telah ditentukan.
  2. Petugas memeriksa form permohonan sebelumnya.
  3. Petugas memeriksa alat fakultas Perikanan yang sebelumnya di pinjamkan.
  4. Alat yang dipinjam wajib dalam keadaan baik dan bersih.
  5. Jika alat rusak maka harus diperbaiki dalam kondisi dan keadaan semula / diganti.
  6. Jika alat hilang maka wajib diganti dengan alat yang sama.

Data Alat Praktikum Yang Dapat Dipinjam

No.Kode AlatNama AlatJumlah Alat
1Faperika.01Salinitas dan Suhu Meter / Analytical Instruments1
2Faperika.03Timbangan Digital Besar2
3Faperika.06Heater 50 w10
4Faperika.17pH Meter4
5Faperika.23Timbangan Digital (0,00)3
6Faperika.28Air Pump12
7Faperika.62Mikroskop Digital1
8Faperika.64Heater 75 w1
9Faperika.65Thermometer Suhu29
10Faperika.107Air pump Batery2
11Faperika.108Air pump1
12 Pompa Celup York 250 What1
13 Aerator Resun LP 1001
Tabel 1. Data Alat Praktikum Fakultas Perikanan Unikal

Pekalongan, 1 November 2022

Ttd Pengelola Alat Praktikum Fakultas Perikanan Unikal

Buku Prosedur dan Mekanisme Peminjaman Alat Fakultas Perikanan Unikal dapat didownload melalui link berikut:

BUKU PROSEDUR DAN MEKANISME PEMINJAMAN ALAT FAKULTAS PERIKANAN UNIKAL

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts